Cara Decompile Dan Compile Aplikasi Apk Untuk Modding

Cara Decompile Dan Compile Aplikasi APK Untuk Modding

Jika Anda seorang pengguna ponsel Android sejati yang tidak hanya menyukai tampilan luarnya saja, yang dimaksud disini yaitu aplikasi-aplikasi yang ada. Namun, juga pecahan dalamnya, tau mengenai codding. Pastilah tidak abnormal dengan istilah modding APK. Melakukan Modding aplikasi Android pastilah tidak lepas dengan proses compile dan decompile.



Proses modding APK biasanya dilakukan sebab pengguna ingin tampilan berbeda atas ponsel yang digunakan. Dengan melaksanakan proses modding, pengguna sanggup mendapat tampilan yang berbeda sesuai dengan kesukaan hati. Nah, pada artikel kali ini saya ingin membagikan sebuah cara melaksanakan modding mulai dari persiapan awal. Sebelumnya saya telah membahas topik ini sebelumnya apada artikel Cara Compile Dan Decompile APK Untuk Modding. Dan pada artikel kali ini dalam hal pokok sebetulnya sama, namun ada beberapa pecahan dan aplikasi yang dipakai berbeda.

Sehingga nantinya kedua artikel ini saya harapkan sanggup membantu dan menjadi rujukan bagi Anda yang ingin mencar ilmu cara melaksanakan modding APK dengan proses compile dan decompile.


1# Koneksi Internet

Ya, untuk melaksanakan modding aplikasi APK koneksi sebuah jaringan Internet yaitu salah satu yang terpenting. Makara saya saranka Anda mempunyai koneksi yang stabil dan memadai. Karena dari awal sampai tamat proses modding APK ini koneksi Internet hampir 80% digunakan. Dan jumlah data yang diharapkan juga terbilang cukup besar. Jika, ini sudah terpenuhi maka sanggup lanjut ke proses selanjutnya.

 

2# Sistem Operasi Windows

Pada proses modding APK kali ini saya sarankan Anda memakai sistem operasi Windows pada komputer atau laptop Anda. Dan usahakan memakai Windows 10 64bit, ini dikarenakan proteksi yang dimiliki Windows 10 lebih banyak dan utuk 64bit ini dikarenakan untuk proses ibarat ini 64bit lebih gampang untuk dimanfaatkan. Namun, jikalau komputer atau laptop Anda tidak mempunyai sistem operasi Windows 10 sanggup memakai Windows 7 ataupun 8.1 tetapi tetap saya sarnkan yang 64bit.

 

3# Install Java Platfrom

Setelah no. 1 dan no. 2 terpenuhi. Download Java Platfrom yang terdiri dari Java Development Kit (JDK), Server JRE dan JRE. Kemudian install pada komputer atau laptop Anda.
Download JDK : Download Disini (Pilih yang Java SE Development Kit 8u144)
Download Server JRE : Download Disini.
Download JRE : Download Disini.
Install ketiga aplikasi tersebut di sebuah folder tersendiri. Ini berjutuan supaya ketika proses kedepannya, untuk mencari lokasi file aplikasi tersebut lebih mudah.

 

4# Install Android Studio

Ini merupakan sebuah lingkup pengembang yang secara resmi terintegrasi untuk sistem operasi Google Android.
Download Java Platfrom : Download Disini.
Install platfrom ini pada sebuah folder yang sangat gampang dicari. Misal : C:\Android atau sanggup juga Dekstop\Android.

 

5# Install Apktools

Ini merupakan sebuah alat yang sanggup dipakai untuk merekayasa ulang sebuah aplikasi Android. Ini biasanya dipakai untuk memecah sebuah arahan sumber aplikasi untuk sanggup dibuat dan dibangun ibarat aslinya.
Download Apktools : Download Disini.
Pastikan download apktools dengan versi terbaru. Download batch file dan aapt.exe. Dan taruhlah apktools.jar, aapt.exe dan batch script pada sebuah file yang sanggup diakses dengan cepat. Misal : Dekstop > Apktools

 

6# Proses Decompile APK Menggunakan Apktools

  1. Sebelum melanjutkan ke proses decompile, taruhlan aplikasi atau game apk yang hendak dilakukan modding dalam satu folder dengan apktools. Misal : Dekstop > Apktools. Taruhlah dalam 2 versi yang pertama pribadi berbentuk apk dan yang satunya dalam bentuk ziprar.
  2. Jalankan command promt pada folder dimana menaruh apktools dengan cara tahan tombol Shift, kemidian klik kanan pada folder dimana apktools berada dan klik open command windows here.
  3. Lakukan install file memakai perintah if nama-aplikasi.apk. Pada proses ini mencoba untuk melaksanakan modding pada aplikasi framework-res.apk. Maka perintahnya yaitu if framework-res.apk dan klik enter. Tunggu proses install sampai selesai.
  4. Setelah proses install aplikasi selesai saatnya ke proses decompile. Gunakan perintah d nama-aplikasi.apk dan tekan enter. Dalam pola ini maka perintahnya d framework-res.apk.
  5. Jika proses decompile selesai dan berhasil. Maka dengan secara otomatis dalam folder Apktools akan muncul sebuah folder gres sesuai dengan nama aplikasi yang dilakukan modding. Dalam perkara ini makan akan muncul folder gres berjulukan framework-res. Sehingga karenanya Dekstop > Apktools > framework-res.
  6. Lakukan recompile aplikasi pada folder hasil decompile dengan perintah b nama-folder. Ingat nama foldernya yang di recompile bukan aplikasinya. Dalam perkara ini sehingga perintahnya menjadi b framework-res dan tekan enter.
  7.  Dan jikalau proses recompile berhasil akan muncul kembali folder gres berjulukan dist dalam folder Apktools.

 

7#  Compile APK memakai SignApk Tools

Proses ini sangatlah penting dilakukan, sebab jikalau tidak ketika hasil tamat APK tidak dilakukan finishing ketika dipakai akan mengalami gagal aplikasi atau bahkan stuck di bootlop. Untuk melaksanakan finishing mod aplikasi Android sanggup memakai SignApk Tools.
Download SignApk Tools : Via 4shared // Via MediaFare // Via pCloud // Via Dropbox
  1. Setelah tools terdownload dalam bentuk ZipRAR, ekstrak atau unzip dalam sebuah folder tersendiri. Saya asumsikan karenanya dalam folder SignApk. Namun usahakan taruh di Drive D:\SignApk. Karena jikalau sama ditaruh di dekstop perintah selanjutnya yang dipakai akan terlalu panjang.
  2. Kemudian pindahkan folder Apktools beserta isinya yang sebelumnya berada di Dekstop kedalam folder SignApk (D:\SignApk/Apktools).
  3. Jalankan Command Prompt. Jalankan biasa saja tidak dari folder.
  4. Pindahkan command promp dari C:\ ke drive D:\ atau dimana berada folder SignApk. Gunakan perintah d:
  5. Kemudian masuk ke direktori file SignApk Tools. Gunakan perintah cd nama-folder. Sehingga perintahnya akan menjadi cd signapk.
  6. Kemudian berikan perintah java -jar signapk.jar certificate.pem key.pk8 path-of-the-folder-contaning-the-apk .apk path-of-the-new-signed-apk .apk. Sehingga perintahnya dalam pola ini akan menjadi java -jar signapk.jar certificate.pem key.pk8 D:\signapk\apktools\framework-rs.apk D:\signapk\apktools\framework-rs-signed-apk .apk.
  7. Dan jikalau proses compile selesai maka akan muncul file gres berjulukan framework-res-signed.

Catatan : Pada artikel ini saya hanya mengembangkan cara bagaimana untuk melaksanakan mod namun proses membongkar dan mengkompresi ulang hasil jadinya saja. Tidak secara detail melaksanakan perubahan apapun terhadap aplikasi, untuk proses tersebut mungkin saya akan bahas pada artikel lain.

Artikel Sumber : http://mmoity.com/1fyG

Comments

Popular posts from this blog

Memperbaiki Andromax U2 Bootloop (Keluar Logo Smartfreen Saja)

Letak Titik Test Point Xiaomi Redmi 5A (Riva) Dan Firmware Global Stable Miui 9

Letak Titik Test Point Xiaomi Redmi 4A Hardbrick Atau Untuk Upgrade